PANDUAN KITA APA ?

Sebagai kelanjutan FGD tentang perubahan Undang-Undang No.41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, pada hari Rabu tanggal 22 Januari 2020 Pusat Pengkajian Strategis Kehutanan (PUSKASHUT) Yayasan Sarana Wana Jaya (YSWJ) menyelenggarakan Diskusi Terbatas dengan topik yang sama di ruang rapat kantor YSWJ Jl.Ampera Raya No.47 Pasar Minggu Jakarta Selatan. Maksud diskusi adalah untuk menghimpun masukan dalam perubahan Undang-Undang No.41 Tahun 1999 tentang Kehutanan tetapi dalam skala yang lebih luas.

Diskusi Terbatas ini dihadiri oleh 34 orang peserta, baik dari YSWJ maupun dari Komunitas Rimbawan Nusantara (KRN) yang umumnya merupakan tokoh organisasi Rimbawan. Banyak masukan telah disampaikan, yang oleh Dr. Harry Santoso Ketua PUSKASHUTdikelompokan ke dalam Urgensi perlunya perubahan, Pokok-pokok pikiran perubahan, dan Masukan Pasal-pasal. Pada akhir diskusi ketika diminta pendapatnya, Dra. Suwarni dari ISWA menjawab dengan tegas “Harus direvisi, peraturan dan perizinan tidak menarik investor, tetapi panduan kita apa ?” Kemudian dijawanb oleh Dr. Budi Riyanto “Arahan Materi Muatan, yaitu pertimbangan filosofis, yuridis, dan sosiologis yang merupakan kesepakatan seluruh Rimbawan”. 

Diskusi yang dimulai pukul 10:00 ditutupoleh Dr. Boen M. Purnama Ketua Umum Pengurus YSWJ dengan kata penutup : “Kegiatan ini sifatnya mmembantu Kementerian LHK”.

Jakarta, 29 Januari 2020

Poedjo Rahardjo

Tinggalkan Balasan